Postulat Geometri Euclid untuk Lingkaran

Visualisasi Interaktif dan Simulasi Konsep Geometri

Pengenalan

Geometri Euclid adalah sistem matematika yang dikembangkan oleh Euclid, seorang matematikawan Yunani kuno. Sistem ini didasarkan pada serangkaian asumsi (postulat) yang diterima tanpa bukti, dari mana teorema lain dapat diturunkan. Pada aplikasi ini, kita akan mempelajari dan memvisualisasikan postulat Euclid yang berkaitan dengan lingkaran.

Postulat 1: Lingkaran Ditentukan oleh Pusat dan Jari-jari

Sebuah lingkaran ditentukan secara unik oleh titik pusat dan jari-jarinya. Semua titik pada lingkaran berjarak sama dari titik pusat.

Simulasi Interaktif

Geser titik pusat atau atur jari-jari untuk melihat bagaimana lingkaran terbentuk.

Klik dan seret titik pusat lingkaran untuk memindahkannya.

Postulat 2: Jari-jari yang Sama Menciptakan Lingkaran yang Sama

Dua lingkaran dengan jari-jari yang sama adalah kongruen (identik), meskipun pusat mereka berbeda.

Simulasi Interaktif

Perhatikan bagaimana dua lingkaran tetap identik meskipun pusatnya berbeda.

Klik dan seret titik pusat lingkaran untuk memindahkannya.

Postulat 3: Garis Singgung pada Lingkaran

Garis singgung pada lingkaran adalah tegak lurus terhadap jari-jari di titik singgung.

Simulasi Interaktif

Geser titik pada lingkaran untuk melihat bagaimana garis singgung selalu tegak lurus terhadap jari-jari.

Geser titik pada lingkaran untuk mengubah posisi titik singgung.

Postulat 4: Sudut dalam Setengah Lingkaran

Sudut yang dibentuk di dalam setengah lingkaran adalah sudut siku-siku (90°).

Simulasi Interaktif

Geser titik pada lingkaran untuk melihat bagaimana sudut dalam setengah lingkaran tetap 90°.

Sudut: 90°

Geser titik pada lingkaran untuk mengubah posisi sudut.

Postulat 5: Sudut Pusat dan Sudut Keliling

Sudut pusat lingkaran adalah dua kali sudut keliling yang menghadap busur yang sama.

Teorema ini berlaku untuk semua sudut keliling yang menghadap busur yang sama, tidak peduli di mana posisi titik sudut keliling pada lingkaran.

Simulasi Interaktif

Geser titik-titik untuk mengubah sudut. Perhatikan bahwa untuk busur yang sama, semua sudut keliling memiliki ukuran yang sama, dan sudut pusat selalu dua kali sudut keliling.

Sudut Pusat ∠AOC:

Sudut Keliling ∠ABC:

Geser titik A, B, atau C pada lingkaran untuk mengubah posisi sudut.