Refleksi Geser (Glide Reflection) adalah transformasi geometri yang merupakan komposisi dari dua transformasi berturut-turut:
$$G = T_{\vec{v}} \circ R_l$$
dimana $G$ = refleksi geser, $T_{\vec{v}}$ = translasi dengan vektor $\vec{v}$, $R_l$ = refleksi terhadap garis $l$
Diberikan titik $P(x, y)$ dan garis refleksi $l$
$$P' = R_l(P)$$
Translasi hasil refleksi dengan vektor $\vec{v} = (a, b)$ yang sejajar garis $l$
$$P'' = T_{\vec{v}}(P') = P' + \vec{v}$$
Untuk refleksi terhadap sumbu-x diikuti translasi $(a, 0)$:
Vektor translasi HARUS sejajar dengan sumbu refleksi
Ini adalah syarat wajib dalam definisi matematika refleksi geser
Jika vektor translasi tidak sejajar dengan sumbu refleksi
Maka itu adalah "komposisi transformasi umum", bukan refleksi geser
Untuk Refleksi Geser (vektor sejajar):
$T_{\vec{v}} \circ R_l = R_l \circ T_{\vec{v}}$ ✅ (komutatif)
Untuk Komposisi Umum (vektor tidak sejajar):
$T_{\vec{v}} \circ R_l \neq R_l \circ T_{\vec{v}}$ ❌ (tidak komutatif)
Untuk merepresentasikan transformasi affine (termasuk translasi) dengan matriks, kita gunakan koordinat homogen:
Koordinat tambahan "1" memungkinkan translasi direpresentasikan sebagai perkalian matriks
$(x, y) \mapsto (x, -y)$
$(x, y) \mapsto (-x, y)$
$(x, y) \mapsto (y, x)$
$(x, y) \mapsto (x+a, y+b)$
Catatan: Kolom ketiga matriks translasi berisi komponen vektor translasi
$(1, 0, a)$ - x tetap + translasi $a$
$(0, -1, 0)$ - y direfleksikan
$(0, 0, 1)$ - koordinat homogen
Matriks yang akan dikalikan:
Perkalian matriks $T_{(3,0)} \times R_x$:
$(1×1 + 0×0 + 3×0) = 1$
$(0×1 + 1×0 + 0×0) = 0$
$(0×1 + 0×0 + 1×0) = 0$
$(1×0 + 0×(-1) + 3×0) = 0$
$(0×0 + 1×(-1) + 0×0) = -1$
$(0×0 + 0×(-1) + 1×0) = 0$
$(1×0 + 0×0 + 3×1) = 3$
$(0×0 + 1×0 + 0×1) = 0$
$(0×0 + 0×0 + 1×1) = 1$
Hasil akhir:
Matriks yang akan dikalikan:
Perkalian matriks $T_{(0,4)} \times R_{y=x}$:
$(1×0 + 0×1 + 0×0) = 0$
$(0×0 + 1×1 + 4×0) = 1$
$(0×0 + 0×1 + 1×0) = 0$
$(1×1 + 0×0 + 0×0) = 1$
$(0×1 + 1×0 + 4×0) = 0$
$(0×1 + 0×0 + 1×0) = 0$
$(1×0 + 0×0 + 0×1) = 0$
$(0×0 + 1×0 + 4×1) = 4$
$(0×0 + 0×0 + 1×1) = 1$
Hasil akhir:
Elemen $(i,j)$ hasil = (baris ke-$i$ matriks kiri) · (kolom ke-$j$ matriks kanan)
Rumus umum: $C_{ij} = \sum_{k=1}^{n} A_{ik} \times B_{kj}$
Catatan: Urutan perkalian penting! $A \times B \neq B \times A$ (tidak komutatif)
Matriks hasil perkalian:
Aplikasi pada titik $P(2, 3)$ (dalam koordinat homogen):
Hasil: Titik $P(2, 3)$ menjadi $P'(5, -3)$
Langkah 1 - Refleksi sumbu-x: $(2, 3) \rightarrow (2, -3)$
Langkah 2 - Translasi $(3, 0)$: $(2, -3) \rightarrow (2+3, -3) = (5, -3)$ ✓
Matriks hasil perkalian:
Aplikasi pada titik $Q(1, 4)$:
Hasil: Titik $Q(1, 4)$ menjadi $Q'(4, 5)$
Langkah 1 - Refleksi $y=x$: $(1, 4) \rightarrow (4, 1)$
Langkah 2 - Translasi $(0, 4)$: $(4, 1) \rightarrow (4, 1+4) = (4, 5)$ ✓
Refleksi geser adalah salah satu dari 17 grup wallpaper dalam klasifikasi pola bidang
Membentuk subgrup dari grup isometri bidang dengan sifat-sifat khusus
Merupakan satu-satunya isometri yang tidak memiliki titik tetap dan mengubah orientasi
Pembuatan pola dekoratif, wallpaper, dan motif tekstil
Analisis simetri bangunan dan elemen dekoratif arsitektural
Algoritma transformasi objek 2D dan 3D dalam pemrograman grafis
Setiap isometri bidang dapat diklasifikasikan sebagai salah satu dari:
Refleksi geser $G$ memenuhi:
$$G^2 = T_{2\vec{v}}$$
dimana $\vec{v}$ adalah vektor translasi
Diberikan titik $A(2, 3)$ mengalami refleksi geser dengan sumbu refleksi $y = 0$ (sumbu-x) dan vektor translasi $\vec{v} = (4, 0)$. Tentukan koordinat titik $A''$ setelah transformasi!
Tuliskan matriks transformasi untuk refleksi geser dengan refleksi terhadap garis $y = x$ diikuti translasi $(0, 3)$!