Transformasi Balikan (Inverse Transform)

Pengertian Transformasi Balikan (Inverse Transform)

🎯 Intuisi Dasar

Bayangkan Anda sedang bermain dengan kubus Rubik. Jika Anda memutar sisi kanan searah jarum jam, maka untuk mengembalikan kubus ke posisi semula, Anda harus memutar sisi kanan berlawanan arah jarum jam. Inilah konsep dasar transformasi balikan - operasi yang "membatalkan" atau "membalikkan" efek dari transformasi asli.

Definisi Matematis

Jika $$T: X \rightarrow Y$$ adalah transformasi dari himpunan $$X$$ ke himpunan $$Y$$, maka transformasi balikan $$T^{-1}: Y \rightarrow X$$ memenuhi kondisi fundamental:

$$T \circ T^{-1} = I_Y \quad \text{dan} \quad T^{-1} \circ T = I_X$$

dimana $$I_X$$ dan $$I_Y$$ adalah transformasi identitas pada $$X$$ dan $$Y$$

Interpretasi Praktis

Dalam bahasa sehari-hari, ini berarti:

  • • Jika kita aplikasikan $$T$$ lalu $$T^{-1}$$, kita kembali ke titik awal
  • • Jika kita aplikasikan $$T^{-1}$$ lalu $$T$$, kita juga kembali ke titik awal
  • • $$T^{-1}$$ adalah "pembatal sempurna" dari $$T$$

📚 Contoh-Contoh Konkret

1. Transformasi Translasi

Menggeser semua titik sejauh $$a$$ satuan ke kanan:

$$T(x) = x + a$$ $$T^{-1}(x) = x - a$$

Verifikasi: $$T(T^{-1}(x)) = T(x-a) = (x-a) + a = x$$ ✓

2. Transformasi Penskalaan

Mengalikan semua koordinat dengan faktor $$k \neq 0$$:

$$S(x) = kx$$ $$S^{-1}(x) = \frac{x}{k}$$

Verifikasi: $$S(S^{-1}(x)) = S\left(\frac{x}{k}\right) = k \cdot \frac{x}{k} = x$$ ✓

3. Transformasi Rotasi (2D)

Memutar titik sebesar sudut $$\theta$$ berlawanan arah jarum jam:

$$R_\theta = \begin{pmatrix} \cos\theta & -\sin\theta \\ \sin\theta & \cos\theta \end{pmatrix}$$ $$R_\theta^{-1} = R_{-\theta} = \begin{pmatrix} \cos\theta & \sin\theta \\ -\sin\theta & \cos\theta \end{pmatrix}$$

4. Transformasi Logaritma

Fungsi logaritma dan eksponensial saling balikan:

$$f(x) = \log_a x$$ $$f^{-1}(x) = a^x$$

Verifikasi: $$f(f^{-1}(x)) = \log_a(a^x) = x$$ ✓

🔍 Kapan Transformasi Balikan Ada?

⚠️ Penting: Tidak semua transformasi memiliki balikan! Transformasi harus memenuhi syarat khusus.

Injektif (One-to-One)

Setiap output berasal dari tepat satu input.

$$\forall x_1, x_2 \in X: T(x_1) = T(x_2) \Rightarrow x_1 = x_2$$

Contoh: $$f(x) = 2x$$ (injektif) vs $$g(x) = x^2$$ (tidak injektif)

Surjektif (Onto)

Setiap elemen di kodomain adalah output dari minimal satu input.

$$\forall y \in Y: \exists x \in X \text{ s.t. } T(x) = y$$

Contoh: $$f: \mathbb{R} \to \mathbb{R}, f(x) = x^3$$ (surjektif)

🎯 Bijektif

Injektif DAN surjektif. Syarat mutlak untuk memiliki balikan.

$$T \text{ bijektif} \Leftrightarrow T^{-1} \text{ ada}$$

Teorema: Fungsi bijektif membentuk korespondensi satu-satu

🧪 Uji Kebijektifan Fungsi